Tidak Semuanya Gratis

Temans..

Salah satu prinsip dari profesionalisme adalah bisa memisahkan dengan tegas antara layanan gratis dengan layanan berbayar.

Selama ini, saya alhamdulillah sangat senang berbagi mengenai kiat menulis, motivasi, dan sebagainya. Semuanya saya dedikasikan secara gratis-segratis-gratisnya.

Selama ini pula, banyak sekali teman penulis yang meminta saya membedah, mengomentari atau “mengoreksi” naskah mereka.

Mohon maaf teman-teman sekalian. Secara profesional saya harus mengatakan bahwa untuk permintaan seperti itu, manajemen saya sudah memutuskan bahwa itu termasuk layanan berbayar.

Mohon maaf, bukan bermaksud matre atau pelit. Tapi coba BAYANGKAN bila saya meladeni semua permintaan seperti itu yang jumlahnya tidak sedikit. Bisa-bisa sebagian besar waktu saya hanya terpakai untuk mengomentari naskah orang lain.

Padahal saya punya keluarga yang harus diberi nafkah, saya harus mencari rezeki untuk kelangsungan hidup keluarga saya.

Kalau Anda menganggap bahwa mendapat komentar atau review saya untuk naskah Anda sangat penting, maka Anda pun seharusnya menganggap bahwa menghargai dan memahami kondisi saya pun sama pentingnya.

Terima kasih, maaf bila tidak berkenan. Salam sukses selalu!

NB: Untuk layanan bedah karya atau “koreksi naskah”, teman-teman bisa bergabung dengan SMO Kelas Berbayar. Silahkan baca info selengkapnya di http://www.sekolahmenulisonline.com/kelas-online

Iklan

Perihal jonru Ginting
- Content writer - Social Media Activist - Penulis buku "Saya Tobat!" dan beberapa buku lainnya - Pendiri DapurBuku.com (layanan self publishing) - Pendiri Jonru Media Center

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: