Beda Lomba Menulis dengan Audisi Buku Antologi

Saya mau mengajak teman2 BMGers untuk selalu berpikir cerdas dan kritis. Salah satu caranya adalah dengan membedakan antara LOMBA dengan AUDISI.

Saat ini banyak sekali orang yang mencampuradukkan pengertian antara LOMBA dengan AUDISI. Misalnya: Mereka menyebut “lomba menulis”, padahal itu aslinya adalah “audisi atau pengumpulan naskah untuk buku antologi”.

Apa bedanya?

Lomba adalah sebuah event yang tujuan akhirnya adalah mencari pemenang, dan para pemenang akan mendapat hadiah berupa materi.

Contoh: Lomba menulis, di mana hadiah untuk juara I adalah uang tunia Rp 5 juta atau Rp 100.000. Nah, yang seperti ini baru lomba namanya. Bukan soal jumlah hadiahnya, tapi intinya setiap lomba harus ada hadiahnya berupa materi.

Sedangkan audisi sama artinya dengan seleksi. Ada sejumlah orang yang mendaftar, lalu diseleksi. Dan para peserta yang lolos akan
diikutesertakan pada event tertentu.

Contohnya adalah audisi Indonesian Idol. Para pendaftar yang ikut audisi tentu diseleksi. Yang lolos seleksi akan masuk 12 besar. Tak ada hadiah untuk para peserta audisi yang lolos seleksi.

“Lho bukannya pemenang Indonesian Idol biasanya dapat hadiah?”

Ya, betul. Tapi coba ingat: Yang dapat hadiah adalah para peserta 12 besar yang akhirnya terpilh jadi pemenang. Artinya, setelah 12 besar terpilih, namanya bukan lagi audisi, tapi sudah berubah menjadi lomba. Dan karena lomba, tentu ada hadiah untuk pemenang.

Nah, semoga penjelasan singkat ini bisa membuat teman2 BMGers yang belum paham menjadi paham.

Mungkin ada di antara kita yang menganggap ini cuma hal sepele. Tapi sebenarnya, ini masalah yang perlu diluruskan, karena jika sebuah salah kaprah dibiarkan tumbuh begitu saja, maka di masa depan akan banyak muncul kerancuan demi kerancuan.

Dan soal “Audisi Galau” yang saat ini sedang kita selenggarakan, itu adalah audisi, bukan lomba.

Karena itu, mohon partisipasi teman2 BMGers untuk tidak menyebut ini sebagai lomba ya. Dan jika ada teman yang mengatakan ini lomba, mohon bantuannya untuk memberikan koreksi.

Terima kasih banyak, salam sukses selalu!

Iklan

Perihal jonru Ginting
- Content writer - Social Media Activist - Penulis buku "Saya Tobat!" dan beberapa buku lainnya - Pendiri DapurBuku.com (layanan self publishing) - Pendiri Jonru Media Center

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: