Bisakah Buku Self Publishing Dijual di Toko Buku Gramedia se-Indonesia?

Tanya: “Kalau saya menerbitkan buku secara self publishing di DapurBuku.com, apakah buku saya akan dijual di toko buku se-Indonesia, seperti Gramedia, Gunung Agung, dst?”

Jawab: Ada TIGA HAL yang harus dijelaskan dari pertanyaan ini, yakni:

======
SATU:
======

Masalah “di mana buku kita dijual” itu ditentukan oleh perusahaan distributor, BUKAN oleh penerbit.

Penerbit itu tugasnya menerbitkan buku. Adapun yang mendistribusikan (menyebarluaskan) buku kita ke Gramedia, Gunung Agung, dan sebagainya, itu adalah tugas perusahaan distributor.

Jadi, soal luas tidaknya jaringan penjualan buku kita TIDAK ditentukan oleh di penerbit mana kita menerbitkan buku tersebut. Tapi ditentukan oleh DENGAN DISTRIBUTOR MANA si penerbit tersebut bekerja sama.

Jadi walau misalnya buku Anda diterbitkan oleh sebuah penerbit yang masih sangat berskala kecil, bahkan dikelola oleh perorangan, bisa saja buku Anda tersebar luas ke seluruh pelosok Tanah Air, bila si penerbit bekerja sama dengan distributor yang memang punya jaringan ke seluruh pelosok Tanah Air.

======
DUA:
======

DapurBuku.com adalah layanan self publishing. Artinya, semua keputusan dan wewenang dalam penerbitan buku sepenuhnya berada di tangan penulis. Termasuk dalam hal penjualan buku. Si penulis bebas menentukan, bukunya mau dijual di mana saja. Apakah dijual di toko buku Gramedia se-Indonesia, atau secara online saja, atau di bis kota oleh pedagang asongan, dan sebagainya…. ini sepenuhnya menjadi wewenang penulis.

DapurBuku.com sebagai penerbit sifatnya hanya mendukung. Kami mengikuti kemauan Anda. Bila ingin buku Anda dijual di Gramedia misalnya, maka kami bantu menyebarluaskannya ke sana, melalui perusahaan distributor mitra kami. Demikian seterusnya.

======
TIGA:
======

Salah satu prinsip umum lainnya dari self publishing adalah: Semua biaya penerbitan ditanggung oleh penulis.

Agar buku Anda bisa disebarluaskan di toko buku Gramedia se-Indonesia misalnya, maka Anda harus mencetak buku tersebut minimal 2.000 eksemplar.

Untuk mencetak buku sebanyak itu, tentu butuh modal yang tidak sedikit. Jumlah pastinya tentu sangat relatif, tergantung spesifikasi buku Anda. Yang jelas, jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Nah, apakah Anda saat ini punya dana puluhan juta rupiah, agar buku Anda bisa disebarluaskan ke toko buku Gramedia se-Indonesia?

Jika ada, tentu tak ada masalah.

Tapi jika belum ada, tentu ini masalah, bukan?

Jika Anda belum punya anggaran sebanyak itu, maka tentu saja harus realistis. Terbitkan saja buku Anda dengan konsep yang sesuai anggaran riil. Jika Anda hanya bisa mencetak sedikit (misalnya 20 eksemplar), maka UNTUK SEMENTARA dijual secara online pun tak masalah.

Sambil jualan, terus gencarkan marketing, kelola keuangannya dengan baik, agar suatu saat nanti buku Anda bisa dijual di Gramedia se-Indonesia.

DapurBuku.com insya Allah siap membantu Anda untuk menerbitkan buku, tidak peduli berapapun anggaran yang Anda miliki.

Bahkan tanpa anggaran pun bisa. Kan ada Paket Gratis.

Info lengkap mengenai seluk beluk penerbitan buku di DapurBuku.com, silahkan baca di http://www.dapurbuku.com/ 🙂

Iklan

Perihal jonru Ginting
- Content writer - Social Media Activist - Penulis buku "Saya Tobat!" dan beberapa buku lainnya - Pendiri DapurBuku.com (layanan self publishing) - Pendiri Jonru Media Center

One Response to Bisakah Buku Self Publishing Dijual di Toko Buku Gramedia se-Indonesia?

  1. Ping-balik: [Self Publishing] Jangan Buru-buru Menjual Buku Anda di Gramedia « Jonru's Daily Updates

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: